Minggu, 22 Agustus 2010

PANDANGAN GENERASI MUDA TERHADAP PERTANIAN.

            Dalam hal ini kita akan membahas tentang pandangan generasi muda terhadap pertanian. Mereka menyadari bahwa pertanian itu sangat penting sekali karena kebutuhan manusia banyak dipenuhi dari hasil pertanian. Namun jika ditanya tentang bagaimana cara mengembangkan hasil pertanian sebagian besar dari mereka tidak tahu. Padahal sebagai generasi penerus bangsa, generasi muda diharapkan dapat menjaga, memelihara, melestarikan dan mengembangkan hasil pertanian yang nantinya juga sebagai pengganti para ahli dibidang pertanian. Untuk mengatasi ketidaktahuan generasi muda dalam bidang pertanian ini maka dibutuhkanlah bimbingan serta pengajaran terhadap mereka. Salah satu pengajaran dibidang pertanian yaitu dengan adanya fakultas pertanian diberbagai universitas maka generasi muda yang ada  di fakultas pertanian diharapkan nantinya dapat mengembangkan pertanian. Karena merekalah yang menekuni bidang ini.
           
Kenapa disini peran pertanian sangat penting dan dibutuhkannya generasi penerus dalam mengembangkan hasil pertanian itu  dikarenakan hasil-hasil pertanian digunakan untuk memenuhi kebutuhan fisik manusia seperti makan dan minum serta kebutuhan individu terhadap pakaian dan rumah. Belum lagi hasil pertanian dapat diolah menjadi obat-obatan, kosmetik, kerajinan, dan keperluan lainnya yang sebagian besar berasal dari hasil pertanian. Selain itu juga dengan bertambahnya jumlah penduduk dunia maka kebutuhan akan sandang, pangan, dan papan pun semakin bertambah disinilah pentingnya pertanian untuk dikembangkan selain untuk memenuhi hajat hidup orang banyak pertanian juga diharapkan  dapat mengatasi masalah global warmig.
            Untuk mengembangkan hasil pertanian maka dibutuhkan suatu keahlian dalam bidang pertanian. Seperti bagaimana caranya untuk menghasilkan benih yang baik, cara budidaya dalam pertanian, tanaman yang cocok untuk musim tertentu, mengatasi masalah hama yang menyerang tanaman dan lain-lain. Dalam pengembangan hasil pertanian memang dibutuhkan suatu keahlian tertentu. maka tidak banyak orang yang tahu bagaimana cara untuk mengembangkan hasil pertanian jadi jika tidak ada kesadaran dari generasi muda untuk tahu bagaimana caranya mengembangkan hasil pertanian maka akan banyak masalah yang akan dihadapi.

zakila nur'ainun umy



2 komentar: