Minggu, 22 Agustus 2010

Penyelamatan lingkungan hidup melalui Pertanian

Manusia diciptakan oleh Allah beserta aturannya, setiap aturan Allah tentu mengandung kemaslahatan bagi manusia itu sendiri namun sering kali manusia tidak menyadari pentingnya menjalankan aturan-aturan Allah yang telah  ditetapkan dalam Al-Qur'an dan Hadist. kebayakan manusia berfikir autroposentris yaitu berfikir hanya untuk kepentingannya sendiri. mereka menebang pohon secara besar-besaran di Hutan hanya untuk memnperoleh keuntungan  dari pohon yang mereka tebang tanpa memperdulikan dampak dari penebangan pohon yang berlebihan yang dilakukannya itu. padahal Allah memerintakan kepada kita untuk tidak berlaku boros yaitu seperti yang ada dalam firmannya:

Artinya: "Sesungguhnya orang-orang yang boros  itu adalah saudara setan dan setan itu sangat ingkar terhadap tuhannya" (QS. Al-Isra':27)
berikut ini merupakan data mengenai Penebangan hutan Indonesia yang tidak terkendali selama puluhan tahun dan menyebabkan terjadinya penyusutan hutan tropis secara besar-besaran. Laju kerusakan hutan periode 1985-1997 tercatat 1,6 juta hektar per tahun, sedangkan pada periode 1997-2000 menjadi 3,8 juta hektar per tahun. Ini menjadikan Indonesia merupakan salah satu tempat dengan tingkat kerusakan hutan tertinggi di dunia.
Semakin meluasnya lahan kosong atau gundul akibat penebangan liar yang melibatkan oknum tertentu tidak dapat dipungkiri. Sudah saatnya aksi penebangan liar yang terjadi di sejumlah hutan lindung harus segera mendapat perhatian lebih serius dari semua pihak. Kejadian ini akan menyebabkan timbulnya deforensi hutan, yang merupakan suatu kondisi dimana tingkat luas area hutan yang menunjukkan penurunan baik dari segi kualitas dan kuantitas. Indonesia memiliki 10% hutan tropis dunia yang masih tersisa. Luas hutan alam asli Indonesia menyusut dengan kecepatan yang sangat mengkhawatirkan. Hingga saat ini, Indonesia telah kehilangan hutan aslinya sebesar 72 persen.
Fungsi hutan sebagai penyimpan air tanah juga akan terganggu akibat terjadinya pengrusakan hutan yang terus-menerus. Hal ini akan berdampak pada semakin seringnya terjadi kekeringan di musim kemarau dan banjir serta tanah longsor di musim penghujan. Akibat bencana inilah terjadi kerusakan lingkungan. ini merupakan pelajaran bagi kita semua untuk tetap menjaga dan melestarikan alam. simaklah firman
 Allah berikut ini:
"telah tampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebagain dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar)."(QS. Ar-Ruum (30):41))
kerusakan lingkungan yang terjadi karena bencana alam menyebabkan terganggunya aktivitas manusia jika tidak segera diperbaiki. Contohnya jika terjadi bencana alam seperti longor, banjir atau yang lainnya maka jalan-jalan tertutupi sehingga arus tranportasi terhambat, rumah-rumah penduduk rusak sehingga mereka tidak dapat melakukan aktivitas seperti biasa. Hal yang sangat penting disini kita harus menyadari aturan yang telah Allah berikan itu memberikan kemaslahatan bagi manusia, selanjutnya bisa dilakukan tindakan-tindakan ikhtiari agar bencana alam itu tidak terjadi. salah satu caranya adalah dengan bekerjasama menjaga kelestarian hutan dan penghijauan kembali hutan yang gundul. harapannya nanti agar hutan kita dapat berfungsi dengan baik

REFRENSI:
http://www.google.co.id/search?q=ayat+tentang+pemborosan
http://agama.kompasiana.com/2010/06/21/kajian-lingkungan-dalam-pershttp:
disusn oleh:Zakila nur'ainun FP E-learning

Tidak ada komentar:

Posting Komentar